Kamis, 05 Agustus 2010

Ebook Gratis Komik Zen Membebaskan Pikiran Tsai Chih Chung

Free Download Ebook Gratis Komik Zen Membebaskan Pikiran Tsai Chih ChungJudul : Zen Membebaskan Pikiran
Pengarang : Tsai Chih Chung
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : 146
Format : Pdf
File size : 3.85 MB

Ebook Komik Zen Membebaskan Pikiran yang diilustrasikan oleh Tsai Chih Chung membuat ajaran Zen menjadi lebih mudah dicerna dan menghibur. Apa itu Zen? Zen adalah aliran penting Buddhisme yang berkembang pada masa dinasti Tang dan Song. Zen memberikan pengaruh yang lebih besar dalam kebudayaan China dibandingkan sekte Buddhisme lainnya. Zen beranggapan bahwa pencerahan pikiran tidak dapat dicapai hanya dengan mempelajari kitab-kitab suci, menghormati ritual atau memuja dewa. Lebih daripada itu, pencerahan dapat dicapai melalui meditasi dan intuisi. Guru Zen mencoba menyampaikan inti ajaran mereka melalui contoh dan cerita-cerita daripada teori. Berikut ini adalah salah satu contoh cerita yang dapat anda temukan dalam Ebook Komik Zen.

Jari Telunjuk dan Bulan

Suatu hari seorang biksu menemui Master Hui Neng (salah satu patriarch Zen di Cina) sambil membawa kitab Buddha. Katanya, 'guru saya tidak mengerti dengan sutra (ajaran Buddha) di halaman sekian'. Kata si guru, 'bacakanlah untukku'. Si biksu bertanya, 'bukankah guru seharusnya sudah hafal isi kitab ini di luar kepala? Jangan2 guru...'. Jawab Hui Neng, 'benar sekali muridku, aku buta huruf sejak kecil. Jadi tidak mungkin bagiku untuk hafal isi sebuah kitab'. Si biksu kaget dan marah, 'jadi selama ini aku diajarkan oleh orang yang tidak bisa membaca dan menulis? Percuma aku belajar Zen darimu, tidak ada gunanya!'.

Jawab Hui Neng dengan tenang, 'muridku, tenanglah. Kau tahu apa ini?', katanya sambil mengangkat telunjuknya. Jawab si murid, 'itu adalah jari telunjuk'. Hui Neng menunjuk bulan sambil bertanya, 'kalau itu apa?'. Jawab si murid, 'itu adalah bulan'.

'Kalau tidak kutunjuk dengan telunjukku, apakah kau bisa melihat bulan?'. Si murid bertambah bingung. Lanjut Hui Neng, 'telunjuk adalah kitab dan semua ajaran di dunia. Rembulan adalah kebenaran. Muridku, aku sudah bisa melihat rembulan tanpa bantuan telunjuk, bagaimana denganmu?'. Si murid pun tersadar dan memohon maaf.

Free Download Ebook Komik Zen Membebaskan Pikiran Gratis, download:
Download

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More